Revising audience measurement adalah salah satu cara produsen
(kepada konsumennya) untuk mengembangkan media. Menurut Jenkins dalam
artikelnya yang berjudul The cultural logic of media convergence, revising
audience meausrement adalah
“Rethinking
the usefulness of the ‘impression’ in an age of transmedia branding, the
American television industry is increasingly targeting consumers who have a
prolonged relationship and active engagement with media content and who show a
willingness to track down that content across the cable spectrum and across a
range of other media platforms”
Itu berarti bagaimana produsen menggunakan kesan atau
feedback yang diberikan konsumen terhadap suatu konten yang dibuat, agar konten
yang dibuat berikutnya lebih mengikuti preference konsumen (lebih engage dengan
konsumen). Nantinya konten ini dapat diperluas dengan menggunakan platform yang
lain.
Untuk lebih memahaminya, maka akan diberikan contoh penerapannya di Indonesia. Ada seseorang penulis novel terkenal yang
bernama Ika Natassa. Ia
adalah penulis buku yang menggunakan fitur Twitter Poll untuk mengajak pengguna
Twitter menentukan alur cerita yang dibuat
agar sesuai dengan preference pembacanya. Hal ini menunjukkan adanya engagement
dari penulis yang men-track konsumen yang memiliki prolonged relationship and
active engangement.
![]() |
Sumber: Google |
0 komentar:
Posting Komentar